KABAR KOLEGA !!! WIDIE PEREMPUAN PENGENDALI CAHAYA, DAN KARYA FAMILIAR GAZE

                                  Foto Widie Ayu Ravita

DUNIAPARTY.COM - Kabar Kolega kali ini mencoba menceritakan perempuan pengendali cahaya yang sekarang tinggal di kota Cirebon, ya Widie Ayu Ravita namanya, ditahun 2017 widie resmi mendapat gelar Sarjana Fotografi ISI Jogja. Widie mengakui bahwa dirinya mendapat pengaruh besar dari Ayahnya, sejak kecil Widie berada di lingkungan yang bisa dibilang seniman, sang ayah adalah seorang artisan seni rupa, "dari kecil aku memang akrab banget dengan melukis, mewarnai, sablon, cukil, design dan sebagainya", Ujar widie. Mulai tertarik dengan fotografi widie mengatakan pada saat masuk Sekolah Menengah Atas yang pada waktu itu widie selalu menjadi tim dokumentasi di sekolahannya, di masa itu juga widie mendapatkan kamera pocket pertama dari menang lomba foto dan akhirnya widie memutuskan untuk masuk di ISI Jogja, dengan modal nekat dan ridho dari orangtuanya akhirnya widie masuk di ISI Jogja. Lagi lagi lingkungan keluarganya, widie mengakatan "karena dulu orangtua punya usaha percetakan undangan, jadi suka disuruh ngedesign undangan, jadi ngulik Photoshop dan akhirnya suka banget ngedit foto. Justru awalnya dari ngedit foto dulu baru belajar motret.

                        Foto karya Widie "Familiar Gaze"

Tentang karya widie yang sempat menghebohkan teman temannya dan semua orang yang mengikuti sosial medianya, ya apa lagi kalau bukan karya widie yang "Familiar Gaze", Karya ini tidak jauh jauh dari romantisme. widie melihat tubuh, sentuhan dan gerak pada manusia sebagai sebuah keindahan tanpa cela. Diluar norma, akhlak dan sebagainya, karya Tuhan yang katanya sempurna. "Dari awal belajar fotorafi karya saya kebanyakan konsen pada perempuan, entah itu tubuh, gender, health issue, trend dsb. Suatu ketika saya sadar ada sebuah ketimpangan ketika perempuan membicarakan seksualitas, dia akan mendapat banyak penilaian, stigma dan justifikasi yang semuanya mengarah ke hal negatif. Contoh sederhananya, perempuan nonton bokep dicap ngga bener, sedangkan menjadi hal wajar bagi laki-laki. Ketika perempuan berkarya ttg seksualitas, banyak reaksi negatif dari orang lain. Padahal sama sama manusianya", Lontar Widie.

                             Foto karya Widie "Familiar Gaze"


Foto diatas adalah foto yang pertama kali widie abadikan dan ia up di sosial medianya, ketika widie memposting sebuah foto buah sawo yang dianggapnya mirip miss V, Instagramnya secara tiba tiba ramai komen dan DM, widie juga mengatakan bahwa dirinya secara tidak sengaja setiap hari menemukan benda atau apapun yang dianggapnya mirip dengan penis, vagina, payudara, dan pantat. "Semakin hari DM saya semakin ngeri, sexual harrasment, stigma dan sebagainya sempat membuat mental saya down, Padahal yang saya posting hanya foto benda, mungkin akan berbeda jika yg memposting foto foto tersebut adalah seorang laki-laki" Ujar widie. Karya ini adalah sebuah kritikan dari widie tentang mereka yang menggunakan jarinya untuk memberi komentar di sosial media dengan mudah tanpa memikirkan si penerima komentar tersebut.

                         Foto karya Widie "Familiar Gaze"



                           Foto karya Widie "Familiar Gaze"


Selama pandemi Widie rehat dari semua kesibukannya karena di awal awal pandemi widie resmi menjadi seorang ibu, sampai saat ini widie mencoba survive bikin usaha kulinernya. Jadi ibu yang baik buat adek bayinya ya wid, juga sukses buat bisnis kulinermu #Salambeerkarya




Penulis : Krisna Bond
Editor : Mr John


Komentar